01
Mei
08

DotA Allstars v6.52 Review

29 April 2008, rilis DotA Allstars v6.52. Saya sedikit terlambat mendapatkan map ini hanya gara-gara tidak meng-refresh http://www.getdota.com.
Beberapa hari terakhir memang setiap kali saya OL saya selalu mengecek getdota, sampai2 browserku hanya menampilkan cache-nya, bukan yang terupdate =___=”

Ok inilah review dari saya, untuk versi DotA yang paling lama tertunda waktu rilisnya (sekitar sebulan, karena ada bug):
+ Map size menjadi 3.03Mb, ini berarti terjadi penambahan SETENGAH MEGABYTE dari versi sebelumnya. Just wow O__o. Kalau 1 karakter kode dalam pembuatan map ukurannya 1 bit, maka bandingkan berapa banyak tuh yang ditambahkan!
Sepertinya yang memakan banyak tempat adalah koleksi gambar item yang ter-mute.

+ Banyak balancing yang saya kurang mengerti kenapa harus diimplementasikan, seperti di-nerfnya Auto Quillspray, nerf attack range Puck, buff Breathe Fire-nya Dragon Knight.
Ditambah lagi di-nerfnya Armlet of Mordiggan! Sampai kapan item ini akan populer?

+ Konsep no pooling yang ditawarkan sangat saya sukai, tapi ada satu flaw yaitu Gem of True Sight dianggap masih bisa untuk di-share. Kasus yang mungkin terjadi adalah hero yang mempunyai gold yang banyak bisa meng-pool hero lain yang mau memakai gem. Saya menentang pemikiran ini.
Saya rasa, untuk penerapan no pooling yang benar seharusnya gem hanya bisa dipakai oleh pembelinya. Kalau gem itu terjatuh karena terbunuhnya hero, maka gem itu baru bisa dipakai oleh siapa saja.

+ Single Player mode di versi ini mendapat perhatian khusus. Ini mungkin juga karena makin maraknya pembuatan video-video DotA yang beredar. Dengan single player mode dan -test, beta testing juga akan menjadi lebih cepat.

+ Music codes yang ditambahkan mungkin menyenangkan bagi beberapa orang, tapi tidak dengan saya. Saya selalu mematikan music saat sedang ber-dota-ria. Sound Effects RULEZZZ!!!1.

+ Kelihatannya IceFrog di versi ini sedikit “melunak” dan mulai memakai/menerapkan beberapa suggestion yang sudah sering menjadi pembicaraan di official forum, khususnya perubahan-perubahan cosmetics (tampilan). Selama ini map development DotA sendiri terkesan ekslusif dilakukan oleh IceFrog dan tim Beta Tester, dan hanya sekali-kali ditambah dengan suggestion dari forum.

+ Banyak perubahan yang memang bagus. GJ Icy!

Conclusion:
Sepertinya versi ini sedikit mengecewakan, karena tidak berbanding lurusnya lama waktu pembuatan dan hasil yang ada. Tapi ini sangat bisa dimaklumi, karena:
1. Icefrog memang ingin mengfokuskan perubahan-perubahan dalam DotA ke depan dalam hal balancing untuk competitive play, dan map performance/optimization, yang memang tercapai dalam versi ini.
2. Kabar yang terdengar adalah perubahan-perubahan vital dari versi ini sebenarnya sudah terselesaikan sejak lama, tapi karena bug yang sangat susah diperbaiki, maka versi ini menjadi tertunda sangat lama.


0 Responses to “DotA Allstars v6.52 Review”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Welcome to DeaGLe Blog!

My Tweets

Blog Stats

  • 86,869 hits

%d blogger menyukai ini: