05
Feb
09

Buat Firefox-mu Menjadi Chrome!

logo edit-editan
Apakah kamu pengguna setia Firefox dan kamu sudah merasakan betapa nyamannya ber-internet-ria dengan browser dari Mozilla ini?
Apakah kamu sudah mencoba Chrome, browser dari Google dan terkesan dengan tampilan dan berbagai fiturnya?
Tapi tetap saja kamu tidak bisa meninggalkan Firefox begitu saja dan beralih ke Chrome, ya kan?

Solusinya adalah: Buat Firefox-mu menjadi Chrome!
SS Browser Gw
Ini Screenshot Firefox, bukan Chrome!

Here we go…
STEP ONE:
Pastikan Firefox-mu adalah versi rilis terbaru (3.0.x). Jangan memakai Firefox 3.1bx, yah karena namanya juga masih beta dan banyak addon yang tidak bisa jalan.

STEP TWO:
Pilih theme-mu! Download/install addon Chromifox lalu restart Firefoxmu.
Udah “berasa Chrome” kan? Tapi itu belum cukup. Masih banyak yang perlu dipermak.
Oh ya, ada juga theme bernama Chromifox 2. Tapi theme ini hanya bisa digunakan di Firefox 3.1bx jadi saya sarankan ga usah pake yang itu dulu de.

STEP THREE:
Install addons berikut!
Chromin Frame
Fungsinya adalah untuk membuat frame bertema Chrome, lengkap dengan tombol minimize-restore-close ala Chrome dan tab-tab diletakkan di bagian atas layar.
Kekurangannya adalah browser jadi tidak bisa fully-maximized.
Locationbar2
Fungsinya adalah membuat tampilan location/address bar menjadi sama dengan Chrome, dimana domain website-nya lebih jelas & lebih cantik.
Tip: Masuk ke options dari addon ini, lalu un-check “Gray subdomains” supaya sama dengan yang di Chrome.
New Tab Button Position
Fungsinya untuk membuat tombol tab baru di samping tab paling kanan, sama dengan Chrome.
Personal Menu
Fungsinya adalah untuk meng-hide Navigation Menu dan menambahkan tombol menu yang bisa di-costumize sama dengan yang di Chrome.
Pertama-tama, pilih View->Toolbars di menu navigasi Firefox, lalu un-check “Menus Toolbar”.
Lalu masuk ke options addon ini. Di tab “Edit Menus”, tambahkan menu-menu yang kamu inginkan. Kalo mau sama persis dengan Chrome, tambahkan sesuai daftar menu yang muncul dari tombol bergambar tang di bagian kanan atas Chrome.
Berikutnya masuk ke tab “Advanced”, un-check “Warn on hiding Menus Toolbar”.
Ingat, untuk memunculkan sementara menu navigasi Firefox, cukup dengan menekan tombol Alt.

Sebenarnya masih ada satu addon lagi yaitu Stylish. Dengan menambahkan beberapa script ke addon ini, beberapa tampilan Firefox bisa lebih dimiripkan lagi dengan Chrome, tapi kebanyakan tampilan ini hanyalah perubahan minor.

OK you’re done! Sekarang Firefoxmu sudah mirip banget dengan Chrome.
Tapi masih ada lagi neh:

BONUS STEP:
Untuk merasakan Incognito Mode yang ada di Chrome lewat Firefox-mu, cukup menginstall addon Private Browsing. Dengan private browsing ini, semua history dan semua yang bisa melacak kembali situs yang kamu buka akan dihapus.

Semoga bermanfaat!


2 Responses to “Buat Firefox-mu Menjadi Chrome!”


  1. Juli 7, 2009 pukul 6:53 pm

    untuk chromifox, Qt dminta update k firefox 3.5.
    karena ditulisannya bisa dpke di firefox versi 3.5 ke atas.

    akan tetapi, setelah diupdate, add on” nya semua untuk versi 3.5 ke BAWAH.
    jadi gmn y?
    =_=”

    • Juli 14, 2009 pukul 2:12 am

      waduh setelah firefox 3.5 saya mmg sudah tidak memakai theme chrome lagi nih
      addon seperti chromin frame jadinya sudah tidak kompatibel
      pake personas dlu dah, nanti kalo sudah ke-update addonnya baru kembali ke chrome ^^


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Welcome to DeaGLe Blog!

My Tweets

Blog Stats

  • 86,869 hits

%d blogger menyukai ini: